silabus


SILABUS


 

NAMA SEKOLAH                        
: SMK YAPPI Gunungkidul

MATA PELAJARAN         
            : IPA Sekolah Menegah Kejuruan

KELAS/SEMESTER                     
: X

STANDAR
KOMPETENSI              : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

KODE KOMPETENSI                    
: 1

ALOKASI WAKTU                       
: 36 x 45 Menit

 



 


KOMPETENSI
DASAR


INDIKATOR


MATERI
PEMBELAJARAN

KEGIATAN
PEMBELAJARAN


PENILAIAN


ALOKASI
WAKTU


SUMBER
BELAJAR


TM


PS


PI

1.1   
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik


   
Langkah-langkah metode ilmiah diijelaskan  dan masing-masing
diberikan contohnya


   
Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara
cermat dan masalah  yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.


   
Hipotesis disusun sebagai solusi terhadap masalah  yang telah
dirumuskan.  Rumusan hipotesis memperlihatkan hubungan antar variabel.


   
Rencana penelitian disusun dengan varibel-variabel (manipulasi,
respon, dan kontrol) yang akan diukur, prosedur, cara pengumpulan data dan
mengolah data diuraikan dengan jelas.


   
Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat,
diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.


   
Laporan penelitian ditulis, dikomunikasikan dan hasilnya
dipertahankan dengan argumentasi yang sesuai.


   
Metode ilmiah


   
Perumusan masalah


   
Perumusan hipotesis


   


Perancangan

penelitian


   


Pelaksanaan

penelitian


   


Pelaporan

penelitian


 


   
Mendiskusikan metode ilmiah, diidentifikasi langkah-langkah ilmiah
dan contohnya


   
Melakukan pengamatan gejala alam biotik di lingkungan sekitar (perilaku
maupun keadaan hewan, tumbuhan, dan mikroorgamisme baik pada individu maupun
dampak dari perilaku individu itu. Misalnya, luruhnya bunga sebelum waktunya
pada tanaman tertentu, hilangnya populasi katak di suatu kawasan, dsb).


   
Diskusi kelompok untuk: merumuskan masalah dari temuan gejala alam
biotik di lingkungan sekitar sebagai isyu yang perlu dibahas selanjutnya;
melengkapi informasi, sesuai dengan masalah yang dirumuskan, ataupun studi
pustaka di perpustakaan/ intenet; Informasi itu selanjutnya digunakan untuk
membuat hipotesis; menyusun rencana penelitian.


   
Mengkomunikasikan rencana penelitian


 


   


Observasi

kinerja


   


Produk


   


Tes

tertulis


14


 


 


 


 


 


 


4


 


   


Lin
gkungan


   


Buk
u
sumber


 

1.2   
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik

 

 


   


Gejala alam yang terjadi


dilingkungan sekitar diidentifikasi dengan benar. (contoh: peristiwa siang &
malam, pelangi, tsunami, gempa, bencana, dll)


   


Faktor
-faktor
terjadinya gempa dijelaskan dengan benar.


   
Faktor-aktor terjadinya bencana alam tsunami dijelaskan dengan benar.


   


Pengetahuan

tentang antisipasi akibat dari bencana alam

diidentifikasi dengan benar.


 


 


   
Rotasi


bumi

dan peristiwa siang dan malam


   


Gempa

bumi sebagai bentuk gejala alam


   
Tsunami


sebagai

bentuk gejala alam


    
Antisipasi bencana alam


 


 


 


   
Melakukan diskusi untuk membahas proses-proses fisika yang


terjadi

dalam peristiwa rotasi bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.


   


Membaca

literatur dan sumber belajar (misalnya koran) tentang peristiwa gempa bumi.


   
Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya
gempa bumi.


   
Melihat tayangan dan membaca literatur (misalnya koran) tentang
peristiwa tsunami.


    
Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya
tsunami.

    


Membuat daftar langkah penyelamatan yang harus dilakukan apa bila pada saat
terjadinya bencana gempa dan tsunami.


   
Observasi/


pengamatan


   


Tugas

kelompok

12

8


 


   
Lingkungan


   
Buku sumber


 



 

NAMA SEKOLAH                        
: SMK YAPPI Gunungkidul

MATA PELAJARAN                     
: IPA Sekolah Menegah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan

KELAS/SEMESTER                     
: XI

STANDAR
KOMPETENSI              : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan
lingkungannya

KODE KOMPETENSI                    
: 2 

ALOKASI WAKTU                       
: 36 x 45 Menit

 



 


KOMPETENSI
DASAR


INDIKATOR


MATERI
PEMBELAJARAN

KEGIATAN
PEMBELAJARAN


PENILAIAN


ALOKASI
WAKTU


SUMBER
BELAJAR


TM


PS


PI

1. 1

Mengidentifikasi jenis limbah

 


    
Pengertian limbah sebagai buangan hasil akibat aktivitas manusia yang
akan mengganggu kesetimbangan alam jika jumlahnya melebihi nilai ambang
batas


    
diseskripsikan dengan benar. 


    
Macam-macam limbah diidentifikasi berdasarkan sumber yang ada di
lingkungan.


    
Pengelompokan limbah berdasarkan jenis senyawa dan wujudnya dilakukan
dengan benar.


    
Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur
ulang didata dan dipilah dengan benar.


Limbah dan Jenisnnya


   
Diskusi dan informasi tentang pengertian limbah di lingkungan


   
Mengelompokkan limbah organik dan anorganik  berdasarkan jenis
senyawanya, wujud,  dan sumbernya.


   
Mendata dan memilah jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur
ulang dan dengan daur ulang.


   
Diskusi tentang hasil kegiatan.


   
Tes tertulis


   
Penilaian proses


   
Tugas


4


 


 


Buku yang Relevan

1. 2
Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja


   
Jenis-jenis polusi dan polutan didentifikasi berdasarkan keberadaan
dan jenis lingkungan kerja.


    
Pengelompokan polutan berdasarkan jenis senyawa, wujud, dan sifatnya
dilakukan dengan benar.


    
Jenis polutan di lingkungan kerja yang dapat dimanfaatkan tanpa daur
ulang dan dengan daur ulang didata dengan benar.


Polusi di Lingkungan Kerja


   
Membuat karya ilmiah tentang jenis polusi, jenis polutan di
lingkungan kerja berdasarkan hasil pengamatan lingkungan kerja.


   
Diskusi dan informasi tentang jenis-jenis polutan yang terdapat di
udara, air, dan tanah pada lingkungan kerja.


   
Tes tertulis.


   
Tugas


14


 


 


Lingkungan Kerja

1. 3

Mendeskripsikan dampak polusi  terhadap kesehatan manusia dan lingkungan


   
Pengaruh dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia
dideskripsikan dengan benar.


   
Dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya
dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada di lingkungan.

Dampak Polusi
Terhadap Kesehatan Manusia dan Lingkungan


   
Membuat karya ilmiah tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia
dan lingkungan melalui pengkajian literatur.


   
Diskusi dan informasi tentang dampak polusi terhadap kesehatan
manusia dan lingkungan.


   
Tugas


4


2


 


Buku atau Media Lain yang Relevan

1. 4
Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah


   
Pemilihan metode penanganan limbah sesuai dengan sifat dan wujud
limbahnya dilakukan dengan benar.


   
Pembuatan kompos dari limbah padat industri berbahan baku    / pasar/
rumah tangga  dilakukan dengan baik.


   
Pedaurulangan kertas dilakukan dengan baik.


   
Pembuatan model penanganan limbah berdasarkan hasil studi di
lingkungan kerja dilakukan dengan baik.

Cara-Cara
Penanganan Limbah


   
Membuat karya ilmiah tentang cara penanganan limbah melalui
pengkajian literatur.


   
Melakukan studi literatur untuk mencari cara membuat kompos dan
kertas daur ulang.


   
Praktik membuat kompos dari limbah alami.


   
Praktik membuat kertas daur ulang.


   
Diskusi dan informasi tentang penanganan limbah, pembuatan kompos,
pembuatan kertas daur ulang, dan model penenganan  limbah


   
Tugas


   
Penilaian proses.


10


 


 


   
Buku atau Media Lain yang Relevan


   
Lingkungan Kerja

 



 

NAMA SEKOLAH                        
: SMK YAPPI Gunungkidul

MATA PELAJARAN                     
:
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (Sub Mata Pelajaran : Kelompok Teknologi & Industri)

KELAS/SEMESTER                     
: XII


STANDAR KOMPETENSI              :

Memahami komponen
ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal


KODE KOMPETENSI                     : 3


ALOKASI WAKTU                        : 36

 



 


KOMPETENSI DASAR


INDIKATOR

MATERI
PEMBELAJARAN

KEGIATAN
PEMBELAJARAN


PENILAIAN

ALOKASI
WAKTU

SUMBER
BELAJAR

TM

PS

PI


a.      

Mengidentifikasi komponen ekosistem


   
Komponen
-komponen
ekosistem

diidentifikasi berdasarkan lingkungan sekitar


   
Komponen biotik dan abiotik diidentifikasi berdasarkan fungsinya.


   
Jaring-jaring makanan dalam ekosistem diidentifikasi berdasarkan
rantai makanan


   
Mengatasi masalah lingkungan dengan menggunakan konsep rantai maka


nan


   
Interaksi antar komponen biotik dalam bentuk mutualisme, komensalisme,
dan parasitisme diidentifikasi melalui kegiatan penelitian di lapangan.


   


Peran komponen biotik dan


abiotik

dijelaskan berdasarkan data

hasil praktikum.


   
Komponen-Komponen Ekosistem


   
Interaksi komponen-komponen ekosistem


   
Jaring-Jaring Makanan dan Rantai-rantai makanan


   
Bentuk interaksi antar komponen biotik


   
Peran komponen biotik dan abiotik dalam kehidupan


   
Mengamati lingkungan sekolah secara berkelompok.


   
Mencatat makhluk hidup dan tak hidup yang ada di lingkungan sekolah.


   
Mengelompokkan makhluk hidup dan tak hidup dari hasil pengamatan.


   
Diskusi dan tanya jawab tentang pengertian lingkungan dan komponen
penyusunnya.


   
Menunjukkan komponen lingkungan biotik dan abiotik dari  hasil
pengamatan kelompok.


   
Mendefinisikan pengertian komponen biotik dan abiotik serta
menyebutkan  contohnya.


   


Melakukan kajian pustaka


untuk


membedakan istilah-istilah habitat, popu
lasi,
komunitas, ekosistem, biosfer.


   
Mengidentifikasi hubungan proses makan dan dimakan dalam


rantai

makanan dan jaring-jaring makanan dengan menggunakan gambar.


   


Disajikan suatu kasus misalnya


mewabahnya

hama tikus. Menganalisis bagaimana pemecahan masalah  tersebut dengan
menggunakan konsep rantai makanan
.


   


Diskusi dan tanya jawab tentang fungsi
,


dan interaksi antar komponen

biotik.


   
Membandingkan Interaksi antar komponen biotik dalam bentuk
mutualisme, komensalisme, dan parasitisme berdasarkan studi literatur.


   


Melakukan praktikum tentang peran k
omponen
biotik dan abiotik dalam kehidupan, misalkan praktikum pengaruh intensitas
cahaya terhadap pertumbuhan biji kacang merah.


   


Mengaplikasikan pemahaman tentang fungsi komponen biotik dan


abiotik

dalam kehidupan dengan cara membersihkan

lingkungan dan menanam pohon-pohonan di sekolah.


   
Observasi/


pengamatan


   
Laporan praktikum


   


Test sikap terhadap


pengelolaan

lingkungan


18


18


 


   


Buku

pelajaran


   
Referensi


lain
.


   


LKS


   


Lingkungan

sekolah


   


Alat&Bahan Praktik

b.      

Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan

 


   
Kondisi lingkungan hidup dijelaskan pada  tingkat lokal, regional,
nasional dan global


   
Saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik dijelaskan
berdasarkan hasil percobaan


   
Bahaya over eksploitasi ekosistem dijelaskan berdasarkan dampaknya.


   
Saling Ketergantungan


   
Dampak Over eksploitasi Ekosistem


   
Iur pedapat tentang permasalahan lingkungan yang terdapat dalam skala
lokal, regional, nasional dan global


   
Menunjukkan komponen biotik yang ada di lingkungan sekolah.


   
Melakukan kegiatan penelitian tentang Saling ketergantungan antar
komponen biotik dan abiotik


   
Diskusi kelompok tentang hasil kegiatan penelitian.


   
Presentasi hasil diskusi kelompok.


   
Mendiskusikan  dampak  over eksploitasi ekosistem terhadap kualitas
lingkungan dan kualitas hidup masyarakat sekitar.


   
Tanya jawab hal-hal yang belum dipahami siswa.


   
Observasi/ pengamatan


   
Laporan praktikum


 


 


 


   
Buku pelajaran


   
Referensi lain.


   
LKS


   
Lingkungan sekolah


   
Alat&Bahan Praktik

c.      

Mendeskripsikan AMDAL


   
Pengertian AMDAL dideskripsikan berdasarkan lingkup suatu kegiatan


   
Kebijaksanaan Lingkungan di Indonesia dijelaskan dalam hubungannya
dengan kegiatan pembangunan


   
Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya dijelaskan secara
tepat


   
Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak dijelaskan dengan
tepat


   
Prosedur pelaksanaan pengambilan data AMDAL dilakukan dengan benar


   
Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan AMDAL 
diidentifiksi berdasarkan praktik di lapangan.


   
AMDAL


   
Kebijakan Lingkungan di Indonesia


   
Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya


   
Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluas
i
Dampak


   


Mendiskusikan kualitas li
ngkungan
di berbagai daerah ditinjau dari kenyaman hidup masyarakat sekitar.


   
Membahas informasi kebijakan dan regulasi pengelolaan lingkungan di
Indonesia.


   
Mendiskusikan tujuan, prosedur, dan rekomendasi yang ingin dicapai
dengan adanya AMDAL sebelum melakukan pembangunan.


   
Mendiskusikan petingnya AMDAL dilaukan secara obyektif, profesional,
dan cermat agar memperoleh rekomendasi yang sesuai dengan pembangunan
berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.


·  


Observasi/ pengamatan


·  


Laporan praktikum


 


 


 


 


   
Buku pelajaran


   
Referensi lain.


   
LKS


   
Lingkungan sekolah


   
Alat&Bahan Praktik


 

Keterangan:

TM        :
Tatapmuka

PS        :
Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)

PI         :
Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: